March 27, 2012

Jalur Darat Padang-Jakarta

Urang Awak, sebutan untuk orang yang berasal dari Padang Sumatera Barat. Masyarakat Minangkabau mempunyai kebiasaan 'marantau' dari zaman dahulu hingga sekarang. Banyak dari mereka yang sukses mengadu nasib di rantau. Walaupun ada juga yang kembali pulang ke ranah Minang karena tuntutan keluarga.
Pada awalnya masyarakat minang merantau ke Jakarta melalui jalan darat. Seiring berkembangnya zaman dan meningkatnya kehidupan ekonomi, mereka sekarang merantau menggunakan pesawat terbang. Baik yang bertujuan untuk sekolah, berdagang maupun bekerja di perkantoran. Mereka beralasan karena waktu adalah uang. Memang itu tidak dipungkiri lagi bahwa masyarakat Minang sangat menghargai waktu mereka. Itu lah salah satu kunci kesuksesan mereka.

Namun disini penulis tidak akan menjelaskan tentang masyarakat Minang (mungkin nanti di kesempatan berikutnya). Anak muda Minang sekarang banyak yang memulai merantau menggunakan pesawat. Mungkin dari mereka ada yang tidak mengenal lagi perjalanan darat. Padahal perjalanan darat itu mengasikkan.

Padang-Jakarta yang ditempuh dalam waktu 38-42 jam perjalanan darat memang sangat melelahkan. Tetapi untuk mereka yang mencintai petualangan tentu tidak. Seperti penulis yang sering menggunakan jalan darat untuk merantau ke Jakarta. Jadi berapakah jarat Padang-Jakarta yang sebenarnya dan melewati daerah mana saja bila kita menggunakan jalan darat? Mungkin gambar berikut dapat menjawabnya.


5 comments:

  1. Gambarnya g' bisa di perbesar gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan tapi tempatnya kurang pas....

      Delete
  2. blogoblogbergolog.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. thanks infonya ya gan, di tunggu trip selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan...thanks atas kunjungannya....

      Delete

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Komentar yang belum Uda Nazar balas mohon sabar ya......