April 5, 2012

Definisi Termodinamika

            Termodinamika merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang enegi. Membahas kaitan antara energi panas dan kerja yang dihasilkan dari energi tersebut. Sebagaimana kita ketahui bahwa di ala mini energi terdiri dari berbaga macam bentuk selain energi panas ada energi kimia, kinetik, potensial, nuklir, listrik dan masih banyak lagi. Energi itu dapat berubah menjadi bentuk lain yang terjadi secara alami ataupun melalui rekayasa teknologi. Selain itu energi juga tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan.

            Prinsip dari ilmu termodinamika sendiri banyak terjadi dialam ini. Bumi yang menerima energi radiasi dari matahari, dimana energi tersebut berubah menjadi bentuk lain seperti angin, gelombang laut dan sebagainya. Tidak terkecuali manusia, prinsip termodinamika berupa konversi energi sangat kompleks terjadi di dalam diri manusia. Mulai dari bahan makanan yang dikonsumsi kemudian berubah menjadi tenaga  merupakan konsep termodinamika.

            Prinsip termodinamika juga digunakan untuk mempermudah manusia dalam bekerja. Didukung dengan teknologi yang semakin berkembang, prinsip termodinamika digunakan dibarbagai dunia industri, automotif, pembangkit listrik dan sebagainya. Perkembangan dari termodinamika ini sangat pesat sekali yang dimulai oleh banyak ahli pada zaman dahulu. Bisa dikatakan termodinamika sudah merubah banyak kehidupan di dunia kita.
           

2 comments:

  1. wahh infonya bagus kunjungi balik blogku ya di http://ilmu-bermanfaat23.blogspot.com .MAJUKAN TERUS INDONESIA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks gan....langsung meluncur ke TKP

      Delete

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Komentar yang belum Uda Nazar balas mohon sabar ya......