April 11, 2012

Tips Menghadapi Ujian Akhir Nasional

          Ujian akhir nasional (UAN) menjadi hantu yang mengerikan bagi mereka yang masih duduk di bangku sekolah. Seolah-olah masa depan mereka tergantung pada momen ini, terutama bagi siswa SMA/SMK/sederajat. Berbagai macam cara ditempuh untuk bisa sukses menghadapinya. Mengikuti bimbingan belajar khusus, membentuk kelompok belajar, bahkan ada yang bermain curang. 
Banyak dari siswa tersebut sudah stres duluan sebelum ujian. Kata bijak mengatakan kalah sebelum perang. Sebenarnya UAN itu tidaklah menakutkan jika kita bisa tenang dalam menghadapinya. Berikut beberapa tips dari uda Nazar untuk menghadapi UAN bagi adik-adik semua khususnya siswa SMA/SMK/sederajat:

          • Belajar jauh sebelum ujian nasional 
         Jauh disini maksudnya adalah benar-benar jauuuuuh sebelum ujian. Mungkin ketika masih kelas 1 adik-adik banyak bermain daripada belajar. Namun ketika memasuki kelas 2 itulah saatnya mempersiapkan untuk lulus saat UAN. Karena di kelas 2 itu semua inti pelajaran dikumpulkan dan pengembangannya ada di kelas 3. Untuk itu mulailah belajar dengan serius di kelas 2.

          • Kelompok belajar inti tidak lebih dari 3 orang 
        Maksudnya disini adalah bentuklah kelompok belajar yang hanya terdiri dari 3 orang saja. Karena bila lebih dari itu, dijamin deh lebih banyak gossip daripada belajar. Namun luangkan waktu untuk bertukaran ilmu dengan kelompok belajar lainnya minimal 1 minggu sekali. 

          • Membuat pikiran sesantai mungkin 
           Tidak jarang siswa sudah khawatir duluan sebelum menghadapi hari-h sehingga pikiran tidak lagi santai. Maka dari itu manfaatkanlah libur yang diberikan sekolah yang biasa dikatakan minggu tenang. Pada saat ini adik-adik harus benar-benar tenang. Ketika ingin belajar silahkan belajar, ketika ingin bermain silahkan bermain, jangan memaksakan diri. Sebagai contoh dulu uda Nazar ketika minggu tenang lebih banyak bermain laying-layang, memancing di danau dan bermain bersama teman. Walaupun itu tergantung dengan kemampuan adik-adik semua yang pada dasarnya kemampuan setiap orang berbeda. 

           • Berkunjung ke rumah guru 
            Luangkanlah waktu adik-adik untuk dating ke rumah guru, bukan untuk belajar tetapi untuk bertanya. Jika anda bertanya itu artinya adik-adik sudah belajar di rumah tetapi ada yang tidak mengerti dan ingin mendapatkan solusi cepat dalam menyelesaikan soal-soal. Kecuali soal yang bersifat hafalan. 

         • Tinggalkan semuanya pada H-2 
            Ketika 2 hari lagi menjelang UAN, adik-adik tidak boleh belajar lagi. Itu akan mengakibatkan pikiran menjadi stres dan apa yang dipelajari terakhirlah yang akan terus teringat. Karena itu cobalah santai dengan melakukan kegiatan selain belajar. 

          • Teliti membaca soal 
            Ketelitian dalam membaca soal harus dilakukan tetapi dengan waktu yang singkat karena ada batasan waktu ketika ujian. Jangan mengkerutkan kening adik-adik ketika membaca soal terutama hitung-hitungan. Apalagi melihat kata-kata seperti; sin, cos, tan, integral, gaya, mol, untung, rugi, laba, debet, kredit dll. Bacalah dulu, pahami apa yang ditanya lalu kerjakan baik-baik. Begitu pula dengan yang bersifat hafalan. 

        • Percaya diri dan konsentrasi 
          Jangan sekali-sekali melihat kiri-kanan atau depan-belakang, karena hal itu akan menyebabkan konsentrasi hilang dan adik-adik tidak percaya diri dalam menyelesaikan soal. Kecuali ada keberuntungan seorang teman memberikan jawaban soal (hehehehehehehehehe)..maklum ajalah ya..

        • Berdoa 
       Jauuuuuuuh sebelum ujian dan selama-lamanya sampai kapan pun berdoalah kepada Yang Maha Esa. Sebab sebanyak apapun usaha yang telah dilakukan, hanya akan terjadi bila mendapat ridho dari-Nya. Amin. 

         Sekian tips dari uda Nazar untuk adik-adik semua, semoga sukses dalam menghadapi UAN di sekolah masing-masing. Sekali lagi jangan berpikir UAN adalah segala-galanya tentang masa depan. Karena uda akan mengatakan tidak satu jalan ke maninjau hehehehehe……Akhir kata “JANGAN PERCAYA DENGAN ORANG-ORANG YANG MENGATAKAN ADA BOCORAN SOAL UJIAN”. Nantikan artikel uda berikutnya dengan tema ujian masuk perguruan tinggi.

2 comments:

  1. wow, saya kaget pas baca tinggalkan wkt H-2.. berarti saya salah waktu itu, karena jdnya emg stress bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...itu tergantung juga dari diri masing2...yang penting semangat....

      Delete

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Komentar yang belum Uda Nazar balas mohon sabar ya......