May 24, 2012

Islamic Center Samarinda – Masjid Terbesar Nomor 2 Asia Tenggara

             Islamic Center, masjid yang terletak di kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Dengan latar depan berupa tepian sungai Mahakam, masjid ini memiliki menara dan kubah besar yang berdiri tegak. Tidak salah jika Islamic Center Samarinda ini dinyatakan masih menjadi masjid terbesar nomor 2 Asia Tenggara setelah masjid Istiqlal di Jakarta.

Pengantar dari uda Nazar: ini merupakan oleh-oleh dari uda Nazar dalam mengarungi dunia persilatan. Menyeberang dari pulau ke pulau untuk mencari ilmu. Akhirnya uda Nazar sampai di Samarinda dan kebetulan langsung mengunjungi Islamic Center. Sesuai dengan isi blog ini maka uda Nazar lagsung membagikannya kepada pembaca dengan tema wisata religi. Untuk mengenal lebih jauh, marilah ikuti perjalanan uda Nazar di Islamic Center Samarinda.


Kemegahan Bangunan Islamic Center Samarinda
Islamic Center Samarinda berdiri kokoh di atas tanah seluas 43.500 m2 yang merupakan bangunan utama, sedangkan untuk bangunan penunjang memiliki luas 7.115 m2 dengan luas lantai dasarnya 10.235 meter2. Untuk lantai dasar masjid ini berdiri di atas tanah dengan luas 10.270 meter2 dengan lantai utama seluas 8.185 meter2. Masjid ini memiliki balkon dengan luas 5.290 meter2.


Keunikan Islamic Center Samarinda
Islamic Center Samarinda memiliki 7 menara dimana menara utama setinggi 99 meter yang bermakna asmaul husna atau nama-nama Allah yang jumlahnya 99. Menara utama itu terdiri atas bangunan 15 lantai masing-masing lantai setinggi rata-rata 6 meter. Sementara itu, anak tangga dari lantai dasar menuju lantai utama masjid jumlahnya sebanyak 33 anak tangga. Jumlah ini sengaja disamakan dengan sepertiga jumlah biji tasbih. Selain menara utama, bangunan ini juga memiliki 6 menara di bagian sisi masjid. Masing-masing 4 di setiap sudut masjid setinggi 70 meter dan 2 menara di bagian pintu gerbang setinggi 57 meter. Enam menara ini juga bermakna sebagai 6 rukun iman.


Untuk mengunjungi Islamic Center ini sangat mudah karena terletak di kota Samarinda. Namun jika anda berasal dari luar pulau Kalimantan dengan menggunakan pesawat maka akan mendarat dulu di kota Balikpapan. Dari bandara Sepinggan Balikpapan anda bisa meneruskan perjalanan ke kota Samarinda menggunakan ‘taxi’. Eiiitss…tunggu dulu…ada penjelasan sedikit dari uda Nazar mengenai ‘taxi’ ini.


Taxi, di Kalimantan terdapat dua pengertian untuk menggambarkannya. Pertama adalah ‘taxi’ yang biasa dikenal di pulau Sumatera dan Jawa (untuk pulau lain tidak uda Nazar sebutkan, karena uda Nazar belum pernah berkunjung) yaitu kendaraan umum berupa mobil sedan yang memiliki argo. Taxi yang ini disebut sebagai taxi bandara. Jika anda menggunakan taxi bandara ini maka siapkanlah uang sekitar 250 ribu untuk sampai di kota Samarinda yang berjarak sekitar 120 km dari Balikpapan. (ongkos masih sama saat artikel ini diterbitkan).

Sedangkan yang kedua adalah ‘taxi’ yang berupa mobil pribadi dan biasanya di pulau Sumatera dan Jawa disebut sebagai ‘travel’. Jika anda ingin menggunakan taxi yang ini maka untuk ongkos dapat anda nego dengan pemiliknya. Untuk ongkos sewa pribadi tanpa penumpang lain biayanya sama dengan taxi bandara yaitu 250 ribu. Jika pemilik hanya mengisi sekitar 4 orang maka akan dikenakan tarif 75 ribu/orang dan jika penumpang penuh (sekitar 7 orang) akan dikenakan tarif 50 ribu/orang. (ongkos masih sama saat artikel ini diterbitkan).
Nah demikianlah oleh-oleh dari uda Nazar dengan tema wisata religi dari Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Untuk informasi lengkap mengenai bangunan Islamic Center diperoleh dari situ resminya, klik disini untuk mengunjungi situs resmi Islamic Center Samarinda. Akhir kata dari uda Nazar semoga artikel ini menambah wawasan para pembaca.


2 comments:

  1. wow.. makasi infonya ya... sy yg tinggal d samarinda bru tau infonya. padahal lumayan sering ke IC

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok sama2..thanks ya atas kunjungannya

      Delete

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Komentar yang belum dibalas mohon maaf, saat ini uda Nazar berada di luar jangkauan sinyal untuk modem internet.