May 28, 2012

Tips Bepergian ke Daerah Wisata yang Jauh

            Kehidupan sehari-hari kadang membuat pikiran kita menjadi tidak segar, baik disebabkan oleh pekerjaan, masalah yang dihadapi ataupun faktor lainnya. Untuk itu kita membutuhkan penyegaran pikiran. Sebagian orang untuk kembali fresh mengaplikasikannya dengan hobinya sendiri. Kali ini uda Nazar akan memberikan sedikit tips bagi anda yang suka beraktifitas di luar rumah khususnya mengunjungi daerah wisata yang mungkin jauh dari daerah asal anda dan membutuhkan waktu lebih dari 2 hari. Uda Nazar yang lumayan banyak memiliki pengalaman dalam berwisata mencoba berbagi tips bepergian ke daerah wisata kepada pembaca.
Bepergian ke daerah wisata untuk membuat pikiran menjadi segar dan tenang tentu sangat menyenangkan sekali. Apalagi jika kita sudah mempersiapkannya dengan matang sebelum berangkat. Tidak menyenangkan bukan jika kita sudah sampai di daerah tujuan tetapi ada hal-hal yang rasanya mengganggu perjalanan kita. Untuk itu mari kita simak kira-kira bagaimana tips bepergian ke daerah wisata terutama daerah yang mungkin sangat jauh.

Menentukan hari bepergian
Hal ini sangat penting sekali bagi mereka yang akan bepergian ke daerah wisata yang jauh dengan membawa keluarga. Menentukan hari bertujuan menyamakan jadwal ketika semua anggota keluarga pada hari tersebut dan selama bepergian tidak ada jadwal lain. Seperti kapan orang tua cuti dari pekerjaan, kapan anak-anak mulai liburan sekolah dan berapa lama waktu luang tersebut. Lebih mudah memang jika kita ingin bepergian sendiri.

Menentukan daerah tujuan wisata
Menentukan daerah tujuan wisata bertujuan agar kita fokus kemana akan pergi. Jangan ketika kita sudah sampai tujuan tetapi menyesal dan ingin pergi ke tempat lain. Hai ini memang sulit jika ingin membawa serta keluarga karena perbedaan pendapat pasti terjadi. Karena itulah hal ini sangat penting sekali direncanakan jauh hari.

Mempelajari daerah tujuan wisata
Tips satu ini sangat berguna bila anda ingin mengunjungi daerah wisata yang belum pernah sekalipun anda pergi ke daerah tersebut. Untuk itu pelajarilah semua hal tentang daerah tujuan wisata tersebut.
Pertama mungkin anda bisa mencari informasi tentang bagaimana untuk mencapai daerah wisata tersebut. Angkutan apa saja yang bisa digunakan di daerah wisata dan berapa jauh kira-kira daerah wisata tersebut. Untuk angkutan mungkin kita bisa mencari jasa travel bila anda tidak menggunakan mobil pribadi.
Kedua kita bisa mencari informasi mengenai tempat-tempat mana saja yang bisa kita kunjungi. Sebagai contoh kita akan berwisata ke kota A, di kota A tersebut ada 4 objek wisata yang bisa dikunjungi. Maka kita harus mengetahui dengan jelas ke-empat objek wisata tersebut. Hal ini sangat penting sekali dalam mengoptimalkan waktu kita. Misalnya kita harus berkunjung ke objek wisata 2 dulu, kemudian yang terdekat dari objek wisata 2 adalah objek wisata 3 dan terakhir adalah objek wisata 4.
Ketiga kita bisa mempelajari kira-kira dimana tempat penginapan yang cocok dan menghemat waktu kita dalam mengunjungi ke-empat objek wisata seperti yang telah dijelaskan diatas.Untuk mencari semua informasi itu anda bisa browsing di internet.

Menentukan barang bawaan
Tibalah saatnya kita akan mengemas barang-barang yang akan dibawa. Hal ini kadang membuat kita agak sedikit pusing memikirkannya, apalagi bila bepergian dengan seluruh keluarga. Uda Nazar akan mencoba memberikan sedikit tips untuk pembaca.
Pertama menentukan banyaknya dan jenis pakaian yang akan dibawa. Misalnya kita akan mengunjungi pantai tentunya jumlah baju yang dibawa berbeda jika hanya mengunjungi daerah yang bukan merupakan perairan. Berapa lama bepergian juga bisa dijadikan pertimbangan. Saran uda Nazar bawalah pakaian yang tipis saja untuk menghemat travel bag dan gunakan saja jaket bila daerah wisata memiliki suhu yang dingin.
Kedua kita bisa membawa obat-obatan jika diperlukan. Misalnya obat anti mabuk, balsem, ataupun obat khusus bila dibutuhkan. Kebanyakan dari kita mungkin mengabaikan tips ini, namun tidak ada ruginya untuk membawa obat-obatan. Kita kan tidak mengetahui apa yang akan terjadi nantinya di daerah wisata.
Ketiga mungkin kita membawa perlengkapan mandi. Sebenarnya untuk perlengkapan mandi sudah tersedia di penginapan, namun jika anda ingin membawanya tidak jadi masalah. Saran uda Nazar bawalah perlengkapan mandi yang memiliki ukuran relatif kecil. Misalnya pasta gigi ukuran kecil, sabun mandi cair dan ditambahkan perlengkapan rias lainnya bagi para cewek.

Faktor di Luar Dugaan
Mungkin ini tips terakhir yang bisa kita perhatikan. Maksudnya disini adalah memperkirakan hal-hal yang mungkin terjadi di luar rencana kita. Misalnya bagi yang hobi belanja siapkan uang yang lebih atau tempat yang praktis untuk membawa belanjaan. Bagi fotografer mungkin bisa menambah battery dari kameranya dan hal-hal lain yang dirasa perlu.

Sekian dulu tips bepergian ke daerah wisata yang jauh dari uda Nazar. Mungkin tips diatas terlalu panjang bagi sebagian pembaca atau ada yang ingin menambahkan atau ada yang mau mengatakan terlalu lebay (hehehehehehe), silahkan isi saja kotak komentarnya. Akhir kata dari uda Nazar terimakasih sudah membaca artikel ini, selamat berwisata.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Komentar yang belum Uda Nazar balas mohon sabar ya......