May 14, 2012

Tips Jitu Berhenti Merokok

            Siapa sih yang tidak kenal dengan batangan kecil ini, yang katanya nikmat, yang katanya membuat diri menjadi keren, yang katanya alat pergaulan, yang katanya banyak racun, yang katanya lain-lain lah. Banyak asumsi mengenai rokok ini, baik yang berasal dari anak-anak, remaja, orang tua, dokter ataupun kalangan lainnya.

Memang jika dipandang darimana pun rokok itu lebih banyak kerugiannya, namun jika berdebat antara perokok aktif dan tidak perokok, dijamin sampai kiamat tidak bakalan selesai dan tidak ada yang menang dalam berpendapat. Jangankan orang biasa, dokter pun masih banyak yang perokok berat.
Berhenti merokok bagi sebagian orang adalah masalah pilihan. Bagi sebagian lagi hanya mudah diucapkan tetapi sulit untuk dilakukan. Tetapi ada juga yang menjadi tekat dari dalam diri sendiri untuk benar-benar berhenti merokok. Nah kali ini uda Nazar akan memberikan sedikit tips jitu berhenti merokok bagi mereka yang ingin berhenti merokok.

Membeli balsem extra panas
Wah pasti bingung deh sama tips ini. Maksudnya silahkan anda beli balsam tersebut, lalu buka tutupnya. Sebelum anda meroko, ambil satu batang rokok lalu ujungnya masukkan ke dalam balsam dan kemudian hisaplah rokok tersebut. Dijamin kepedasan dan langsung berhenti, lakukan ini setiap akan timbul niat untuk merokok. Otomatis anda akan berpikir daripada beli rokok tapi tidak bisa dihisap lebih baik tidak usah beli.

Membeli permen kesukaan
Untuk tips ini sudah ada banyak orang yang mencobanya. Membeli permen saat keinginan untuk merokok muncul. Memang untuk sebagian orang tips ini berhasil. Tetapi tidak ada salahnya jika kita pun mencobanya.

Beralih profesi
Kalau ini paling ampuh bagi mereka yang sering tidak ada pekerjaan, maklumlah kata ahlinya merokok paling banyak saat-saat kita sedang termenung. Daripada banyak termenung isilah waktu anda dengan beralih profesi dengan cara menerima pekerjaan untuk mengasuh bayi (hehehehehe g’pa2 kok walaupun anda katanya pria sejati tetapi bisa mengasuh bayi). Dijamin deh anda akan digebukin sama orang tua si bayi kalau anda merokok.

Tentukan harinya
Ini tips yang agak serius untuk berhenti merokok. Jika anda benar-benar ingin berhenti merokok, maka tentukanlah kapan saatnya dan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Karena tips ini tidak berlaku jika tidak ada keinginan yang kuat dari dalam diri sendiri.

Jangan meminta bantuan orang lain
Banyak diantara kita yang ingin berhenti merokok dengan cara meminta dukungan dari teman, kekasih atau istri. Cara itu menurut uda Nazar kurang ampuh, karena jika suatu saat kita jauh dan tidak bersama mereka mungkin bisa saja kita merasa bebas dan tidak diperhatikan oleh mereka sehingga keinginan untuk merokok kembali muncul.

Tekad dalam hati
Ini jurus terakhir yang paling ampuh dan jitu berhenti merokok. Tidak ada yang bisa kita lakukan lagi untuk berhenti merokok jika tekad dari dalam hati sendiri tidak ada. Apapun tips yang dibeikan orang lain, konsultasi ke dokter, namun tidak ada tekad dari diri kita sendiri mustahil untuk berhenti merokok. Maka mulai dari sekarang jika anda sudah memutuskan untuk berhenti meroko, tetapkanlah di dalam hati anda.

Sekian tips jitu berhenti merokok dari uda Nazar. Mungkin ada yang berhasil dan ada pula yang tidak. Itu semua tergantung dari diri kita masing-masing.

6 comments:

  1. saya sering berkunjung di blog-blog, postingan ini tentang tips jitu berhenti merokok sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    ReplyDelete
  2. Thanks gan..maaf baru balas ya..maklum baru keluar dari tambang...khehehehehe...

    ReplyDelete
  3. bagus sekali gan untuk tipsnya sangat membatu saya untuk berhenti merokok terimaksih sudah mau berbagi informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe...thanks ya gan udah mampir, semoga sukses berhenti merokoknya

      Delete
  4. belakangan saya juga mencoba merokok yang menyebabkan saya jadi perokok. Tapi saya juga suka olahraga termasuk lari. Suatu saat rokok saya habis. Saya berniat untuk beli lagi. Biasanya saya mengumpulkan bekas puntung dan abunya di plastik tertutup, karena abunya juga berbahaya banget. Saat akan membuang abu dari asbak ke plastik saya melihat ada puntung rokok yang masih setengah. Kayaknya masih bisa di hisap, saya nyalakan tetapi karena banyak abu yang menemplel abunya juga ikut terhisap. Walaupun rokoknya masih nikmat tetapi abu yang ikut terhisap membuat pusing dan migrain. Kalo saya ingat moment itu saya kapok merokok.
    Mungkin cara itu bisa digunakan.
    Sebenernya efek jangka pendek merokok adalah menurunkan performa paru - paru, sehingga menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Apalagi otak jika kekurangan oksigen dapat menyebabkan sel otak mati. Mungkin itu yg saya rasakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..mantap sekali ya pengalamannya...akhirnya bisa berhenti meroko...ane ucapkan selamat sudah bisa hidup sehat lagi...thanks udah mampi...

      Delete

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Komentar yang belum Uda Nazar balas mohon sabar ya......