July 2, 2012

Bersyukurlah dengan Gaji yang Anda Terima

            Gaji merupakan balas jasa berupa uang yang diberikan kepada seseorang atas jasanya dalam melakukan pekerjaan terhadap orang lain, perusahaan atau jasa. Alangkah nikmatnya jika kita menggunakan gaji tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Namun masih ada juga yang tidak puas dengan gaji yang diperoleh. Berbagai alasan disampaikan kepada perusahaan ataupun pemakai jasa kita. Demo disana-sini untuk menuntut kenaikan gaji. Berapapun gaji yang diterima sepertinya tidak membuat kita puas akan hal itu. Selalu meminta kenaikan gaji untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Tetapi apakah kita sebagai karyawan sudah layak untuk meminta kenaikan gaji. Uda Nazar akan sedikit berbagi kepada pembaca mengenai gaji ini, semoga pembaca bisa menjawab pertanyaan tadi.

Tidak Semua Orang Beruntung Seperti Anda
Bagi anda yang mempunyai penghasilan tetap setiap bulannya ingatlah bahwa tidak semua orang beruntung seperti itu. Banyak diantara saudara-saudara kita yang harus mengemis untuk mendapatkan uang, bekerja membanting tulang hanya demi sesuap nasi untuk menyambung hidup bahkan ada yang rela membahayakan nyawa untuk memperoleh uang. Jika kita bandingkan dengan kehidupan kita apakah kita masih juga mengeluh dengan jumlah gaji yang diterima.

Antara Gaji dan Tabungan
Nah ini nih yang sangat menarik sekali untuk diulas oleh uda Nazar. Ada satu cerita ketika uda Nazar berkumpul diantara rekan-rekan yang sudah bekerja. Mereka bangga dengan gaji yang telah mereka dapatkan. Salah satunya mengatakan dengan bangga bahwa dia digaji 4.000.000 perbulannya saat pertama kali masuk kerja. Sedangkan ada rekan uda Nazar yang bekerja dipertambangan hanya digaji sebesar 2.500.000 saat pertama kali masuk.
Nah disinilah uda Nazar mulai menganalisa siapa yang paling beruntung dalam memperoleh gaji tersebut dengan rumus sederhana saja. Pertama rekan yang mengatakan digaji 4.000.000/bulan, setelah ditanya dia mengatakan bahwa makan ditanggung sendiri, uang kos ditanggung sendiri, menyuci pakaian ditanggung sendiri, transportasi sendiri dan kebutuhan lainnya. Jika kita hitung dengan standar kota Jakarta bisa kita lihat dibawah ini:
            Lalu kita bandingkan dengan teman yang hanya menerima gaji 2.500.000/bulan dan bekerja dipertambangan.
            Akhirnya diperoleh kesimpulan bahwa dengan gaji 4.000.000/bulan hampir sama sisa tabungannya dengan gaji 2.500.000/bulan. Tetapi kita lihat dulu bahwa untuk gaji 2.500.000/bulan bisa memperoleh biaya cuti selama perjalanan. Sudah dipastikan rekan yang bekerja dipertambangan lebih beruntung.
           
            Gaji Sesuai Beban Kerja
            Kali ini uda Nazar akan membahas teman-teman yang mempunyai profesi sebagai guru. Sering kali mereka mengeluh dengan standar gaji yang sedikit. Hal itu menyebabkan mereka sering berdemo untuk kenaikan gaji. Uda Nazar tertarik untuk menghitung beban kerja mereka, dengan standar pegawai baru di Jakarta, adapun hitungan secara kasarnya dapat dilihat:

Note: Semua data diperoleh secara kasar berdasarkan penelitian kecil-kecilan dalam lingkup yang sempit.
            Dari perhitungan sederhana itu, coba teman-teman yang mempunyai profesi menjadi guru berpikir sedikit. Apakah masih iri dengan gaji pegawai swasta atau tidak.

            Nah setelah membaca ulasan dari uda Nazar diatas, apakah anda yang merasa mempunyai penghasilan perbulan sudah pantaskah pergi demo hanya untuk menuntut kenaikan gaji? Mungkin hanya para pembaca yang dapat menjawab sendiri pertanyaan itu. Akhir kata dari uda Nazar janganlah kita mengeluh dan menjadi sombong dengan apa yang kita dapatkan, karena tidak semua orang merasakan kebahagian seperti kita yang menerima gaji. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

11 comments:

  1. Iya gan memang kita harus lebih banyak bersyukur atas apa yang telah kita dapatkan
    info yang bagus sob

    ReplyDelete
  2. thanks gan sudah membaca artikelnya.....

    ReplyDelete
  3. tarimo kasih gadang2 uda, artikel uda baguno bagi ambo.dima posisi uda kini koh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yo samo2...thanks lah mancaliak-caliak blog uda...

      Delete
  4. trimakasi atas infonya... semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  5. nice artikel sob, snagat mengggugah semangat

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Komentar yang belum Uda Nazar balas mohon sabar ya......